Sabtu, 25 Juni 2016

Menhub Jonan berencana terapkan online ticketing untuk perusahaan otobus (PO)

JAKARTA –Menteri Per­hubungan Ignasius Jonan berencana   menerapkan sistem  penjualan  online ticketing untuk peru sahan otobus  (PO)  besar  mulai tahun depan. Penerapan ini dimaksudkan mengurangi penumpukan  penum pang di   loket   dan   menekan antrean bus di terminal.http://kursrupiah.net/terpukul-brexit-rupiah-langsung-terjun-bebas-143-poin-di-akhir-pekan/4287/
 “Kita akan minta penera­pan  sistem online .  Saya minta  waktu  satu  tahun dan sebelumnya akan kita ajak diskusi Organda, kare­na mereka yang bisa men­dorong penerapan ini,” kata Ignasius   Jonan   di   sela pemantauan  Posko  Ang­kutan Lebaran Kemen hub di Jakarta, Jumat (24/6).
Diskusi  dengan  pihak Organda  ini  penting  lan­taran tidak semua PO me­miliki   jumlah   armada yang  sama.  Semisal  PO kecil biasanya hanya me­mi liki 10 hingga 15 arma­da, sehingga tidak terlalu membutuhkan penjualan daring atau online. Usulan mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indo­nesia  ini  diharapkan  bisa memberi  layanan  prima  di setiap terminal penumpang bus  antar  kota  dalam  pro­vinsi maupun antar provinsi.
 Sebab setiap momen-momen tertentu, terjadi penumpu­kan penumpang di loket dan me nyebabkan antrean bus di dalam terminal.
 Penerapan ini sebelum­nya telah berhasil diterap­kan untuk angkutan kere­ta api sejak 2012 silam. Di mana PT KAI berhasil me­nekan  antrean  sekaligus memberi pelayanan ke pada penumpang. “Kalau kereta api  bisa,  angkutan  lain pas ti bisa. Ini hanya ma­salah teknologi,” tegasnya.
 Sementara  Ketua  Or­ganda   Pusat,   Adrianto Djokosoetono  setuju  de­ngan usulan tersebut de­ngan tujuan memberikan pelayanan  yang  prima. 

sumber:  radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar