Sabtu, 05 Maret 2016

PT KAI Sosialisasikan KA Jenggala

PT Kereta api (KA) Daop 8 Surabaya akan berpartisipasi dalam kegiatan Car Free Day (CFD) Sidoarjo di Alun-Alun Jalan A Yani pada Minggu (6/3). Pada acara CFD yang digelar Radar Sidoarjo itu pihak PT KAI akan promosi dan mensosialisasikan  KA Jenggala dengan membagikan brosur-brosur pada pengunjung CFD.
Tak hanya mendirikan booth di area CFD, PT KAI Daop 8 juga akan membawa maskot untuk memeriahkan acara tersebut. ”Kami juga akan memberikan beberapa hadiah bagi yang bisa menjawab kuis,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto, kemarin (3/3).
Suprapto menjelaskan kegiatan promosi dan sosialisasi diadakan dalam rangka untuk lebih mendekatkan KA Jenggala kepada masyarakat. Tak hanya lewat CFD di Alun-Alun Sidoarjo, PT KAI Daop 8 juga menggelar lomba mewarnai, menyanyi dan peragaan busana yang dilaksanakan di Stasiun Tulangan pada Kamis, (25/2) dengan diikuti oleh 2.500 siswa TK se-Kecamatan Tulangan.
Menurut Suprapto, KA Jenggala merupakan salah satu jenis KA lokal perintis yang beroperasi di jalur rel hasil reaktifasi lintas Sidoarjo– Mojokerto. KA perintis yang melayani relasi Sidoarjo–Tulangan–Tarik-Mojokerto /PP ini, secara resmi beroperasi pada Senin, 24 November 2014 lalu.  Di mana dalam grand launching operasional KA tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan di Stasiun Sidoarjo. “Dengan beroperasinya http://kereta-api.info/jadwal-kereta-jenggala-rute-sidoarjo-mojokerto-pp-4308.htm  KA Jenggala, masyarakat memiliki pilihan moda transportasi yang ingin menggunakan KA ini dapat membeli tiket di stasiun pada hari keberangkatan ( go show ).
 Sampai saat ini, KA Jenggala memiliki jadwal 12 kali perjalanan relasi Stasiun Sidoarjo menuju Stasiun Mojokerto/PP. “Banyak dari masyarakat khususnya dari kalangan pelajar terutama rombongan siswa dari TK ataupun SD telah merasakan kenyamanan fasilitas KA Jenggala,” kata Suprapto.
Diharapkan, melalui promosi dan sosialisasi tentang pentingnya angkutan masal bagi penunjang mobilitas penduduk, keberadaan KA Jenggala sebagai KA lokal semakin digemari oleh masyarakat sekitar Sidoarjo dan Mojokerto sebagai transportasi angkutan aktivitasnya.
Rangkaian KA Jenggala terdiri dari empat gerbong kereta yang berkapasitas total 266 tempat duduk. Sesuai aturan yang berlaku, KA lokal diperbolehkan mengangkut 150 persen dari jumlah tempat duduk. KA buatan PT INKA Madiun ini memiliki fasilitas AC, tempat duduk yang nyaman serta pegangan tangan bagi penumpang yang berdiri. “Dalam perjalanannya, KA Jenggala akan berhenti di Stasiun Sidoarjo, Tulangan, Tarik dan Mojokerto,” jelas mantan Manager Humas PT KAI Divre 3 Sumatera Selatan ini.
Suprapto mengatakan bahwa dengan berbagai fasilitas yang ada di atas KA Jenggala, masyarakat bisa menikmati perjalanannya dengan nyaman. Apalagi dengan harga tiket yang relatif murah, yaitu Rp 4.000. PT KAI Daop 8 Surabaya akan terus menjadikan KA Jenggala sebagai moda transportasi bagi masyarakat dalam beraktivitas.
sumber: radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar